Pentingnya Mengadakan Event Marketing Dalam Reputasi Suatu Brand

Gambar : Pinterest

    Dalam menjalankan bisnis tentunya kita tidak akan asing dengan kata event. Event Marketing adalah salah satu event yang dapat dibuat untuk mendapatkan benefit dan keuntungan dari perusahaan atau brand tersebut. yuk, kita simak apa saja yang harus diperhatikan dan keuntungannya bagi perusahaan atau brand jika mengadakan event marketing.

Hal yang harus diperhatikan untuk mengadakan suatu event.

1. Menentukan Jenis Event

    Tentunya tujuan awal untuk kepentingan event ini diselenggarakan adalah langkah pertama yang harus dipikirkan. misal, untuk meningkatkan reputasi brand, pengenalan produk baru atau dapat juga sebagai cara untuk meningkatkan laba. barulah setelah mengetahui dari tujuan event tersebut, kita dapat memikirkan konsepnya akan seperti apa dengan memikirkan tema yang akan bagaimana dengan se-Creative mungkin.

2. Menentukan Team

    Pembagian team sangat penting agar acara berjalan lancar sesuai dengan apa yang diharapkan, selain lebih mempermudah pekerjaan juga agar semua team mengerjakan pekerjaannya dengan totalitas dan tidak terjadinya tumpang tindih satu dengan lain.

3. Membuat Rundown Dan Timeline 

   Agar estimasi waktu berjalan dengan tepat dari tahap perencanaan awal, pasca event, hingga tahap  akhir hari-H event. 

4. Merencakan Anggaran Biaya

    Dalam membuat anggaran biaya haruslah jelas, realistis dan transparan demi melancarkan kegiatan event tersebut. jangan lupa juga untuk menambahkan biaya tak terduga untuk menjaga-jaga hal yang tidak diinginkan.

5. Evaluasi

    Setelah semua rencana yang sedari awal telah matang dan siap maka yang terakhir adalah mengevaluasi lagi sususan yang telah disetujui dan dikerjakan dari awal oleh setiap pihak-pihak yang bertanggung jawab dalam pekerjaannya. 


Gambar : Pinterest 

Keuntungan Event Marketing

    Banyak sekali manfaat dan keuntungan dengan diadakannya event marketing ini, mulai dari Brand Awareness, memperluas jaringan bisnis, meningkatkan penjualan, menjalin hubungan secara langsung dengan pelanggan, bahkan dapat juga memberikan informasi tentang merek, produk serta layanan bisnis yang kita punya. karena hal ini lah konsumen atau calon konsumen dapat merasakan experience secara langsung dari brand yang kita punya.

    Contoh Event Marketing yang dapat kita ambil contoh adalah yaitu seperti acara pameran busana tahunan yang di adakan di kota Paris, Perancis yaitu Paris Fashion Week dimana dalam pameran busana ini akan banyak karya perancang dari brand brand ternama seperti Chanel, Versace, Balenciaga dan lainnya yang akan memamerkan hasil rancangan koleksi busana meraka yang akan diperlihatkan disana. bukan hanya itu, adalagi contoh event yang dapat diikuti oleh mahasiswa seperti webinar yang di adakan oleh kampus Institut STIAMI

  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menganalisa Konsep Sponsorship dalam Konser BLACKPINK WORLD TOUR [BORN PINK] JAKARTA

Beberapa Hal Yang Diperlukan Pada Minor Event