Menganalisa Konsep Sponsorship dalam Konser BLACKPINK WORLD TOUR [BORN PINK] JAKARTA

gambar : Twitter @ime_indonesia

                      BLACKPINK merupakan Girl Group yang berasalah dari Korea Selatan dalam naungan agensi YG Entertaiment dan namanya kini sudah mulai dikenal hampir di penjuru dunia. Konser BORN PINK kali ini bertujuan sebagai promosi album terbaru mereka yang dirilis pada tanggal 16 September 2022 dan konser kali ini akan dimulai pada bulan Oktober 2022 - Juni 2023. Mulai dari kota Seoul, North America, Europe, Asia hingga Australia. 
    
    Konser kali ini akan di adakan di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada tanggal 11-12 Maret 2023. Pada tahun 2019 BLACKPINK pun pernah mengadakan konser di Jakarta. Konser kali ini di sponsori oleh INDOMILK, ZEPETO, Intel dan Maum dan Promotornya yaitu LIVE NATION, IME dan TIKET.COM.

Sekarang mari kita bahas apa saja yang harus kita analisa dalam event kali ini!

WHAT DO YOU HAVE ?

    Yang dimaksud dengan what do you have yaitu aspek apa saja yang dimiliki pada event konser BORN PINK ini yang akan menjadi keuntungan dan manfaat bagi sponsor yang terkait. aspek diantaranya yaitu target pasar, distribusi dan konten acara. 

    Konser kali ini akan diadakan di tempat yang memiliki kapasitas kurang lebih 77.000 penonton tentunya akan memilliki banyak target pasar dan akan sangat menguntungkan bagi sponsorship. Target pasar  disini tentunya para remaja dan tidak sedikit orang dewasa yang akan datang untuk menonton. Selain memberikan acara konser dalam even acara kali ini sudah disediakan booth booth untuk menjual makanan, minumanan serta merchandise BLACKPINK itu sendiri.

WHAT DO THEY NEED ?

    Aspek yang kerap kali menjadi kebutuhan dan perhatian bagi organisasi bisnis dalam memberikan sponsor seperti meningkatan kesadaran merk, meningkatkan citra merk, sebagai sarana promosi produk baru, dan juga meningkatkan pejualan produk.

   Tentunya dalam setiap postinga yang diunggah oleh BLACKPINK pada setiap sosial media akan selalu menyertakan dan menampilkan para sponsor yang sudah terlibat dalam event yang akan dilaksanakan ini. Tidak hanya itu, kemungkinan juga akan adanya both both yang didirikan pada saat konser berlangsung sebagai media untuk meningkatkan kesadarn merk dan beberapa hal yang tentunya dibutuhkan oleh sponsor.

WHAT DO YOU NEED?

    Ada beberapa hal yang diperlukan EO dalam pelaksanaan acara seperti, uang tunai, perlengkapan, fasilitas, dan jasa promosi.

     Pada acara konser kali ini, promotor sangat banyak membutuhkan bantuan dari sponsor yaitu contohnya seperti tata letak lampu, sound system dan masih banyak lagi. Seperti pada konser BLACKPINK sebelumnya, sudah disiapkan kameramen yang siap untuk merekam gambar untuk ditampilkan di layar raksasa pun, untuk menjadi potongan cuplikan yang akan dijadikan film pendek.


     Jadi, seperti itu lah gambaran dari fungsi adanya sponsorship pada event yang dapat kita pelari dan pahami ya, guys! 


tag's : STIAMI Creative.

                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                            

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pentingnya Mengadakan Event Marketing Dalam Reputasi Suatu Brand

Met Gala, Salah Satu Event Fashion Terbesar

Beberapa Hal Yang Diperlukan Pada Minor Event