Met Gala, Salah Satu Event Fashion Terbesar

 
                                                                       Gambar : Pinterest
 The Costume Institute Gala atau Met Gala digelar pada tahun 1948 oleh Eleanor Lambert, yang terkenal di dalam dunia fashion pada saat itu. Acara amal ini hanya dikhususkan untuk kalangan elite saja. Namun, pada tahun 1972 Met Gala mulai melirik kalangan selebriti. dan kemudian pada tahun 1995, pemimpin redaksi majalah Vogue, Anna Wintour yang mulai memimpin berjalannya acara met gala. Karena ini, Mari kita simak analisa event menggunakan 5 W (Who, Why, What, When, Where). 

1. Who (Siapa saja pihak terkait penyelenggaraan event)

        Banyak mode rumah fashion yang ikut berpartisipasi pada acara amal ini dengan membawa Global Brand Ambasador mereka seperti Chanel, Balanciaga, Versace, Yves Saint Laurent dan masih banyak lagi. tidak hanya mereka, tidak banyak juga kalangan politisi, atlet yang di undang untuk datang ke acara ini.

2. Why (Alasan mengapa perlu diselenggarakan event ini) 

     Acara ini diselenggarakan bertujuan untuk mengumpulkan dana amal untuk kepentingan Metropolitan Museum Of Art's Costume Institute dan sebagai penanda pembukaan pameran utama.

3. What (Seperti apa bentuk event yang akan di selenggarakan)

         Event akan dimulai dengan datangnya para tamu pada red carpet, dimana disana mereka akan berpose dan di rekam oleh team media. Setelah itu, masuk ke dalam gedung yang mana tidak boleh ada pers yang masuk kecuali team dari vogue untuk pengambilan gambar maupun video pada saat acara tengah berjalan. Adanya dinner yang sudah diselenggerakan oleh team met gala, dan setelah itu semua tamu bisa mengganti busana mereka dari yang super "wah" dan creative untuk acara after party.

4. When (Kapan waktu penyelenggaraan event)

            Anna Wintour selaku pemimpin redaksi majalah vogue dan juga yang memimpin acara met gala, menetapkan kalau acara ini digelar tahunan pada setiap hari senin pertama di bulan mei pada tahun tersebut. 

5. Where (Dimana lokasi penyelenggaraan event)

        Event ini di selenggarakan di Metropolitan Museum Of Art's di New York City.


Begitulah kira-kira gambaran dari analisa event 5 W yang ada pada Met Gala, Author pun sebagai mahasiswa STIAMI ingin mendatangi Met Gala atau mungkin membuat event yang serupa dengan Met Gala di kampus. 



            

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menganalisa Konsep Sponsorship dalam Konser BLACKPINK WORLD TOUR [BORN PINK] JAKARTA

Pentingnya Mengadakan Event Marketing Dalam Reputasi Suatu Brand

Beberapa Hal Yang Diperlukan Pada Minor Event